Proses masuk kuliah di Politeknik Manufaktur Astra

Ribet gak sih masuknya??


Assalamu'alaikum wr wb.
Hallo guys david disini dan-
Halo semua, salam sejahtera bagi kita semua.
Kemarin saya telah menuliskan alasan mengapa saya memilih berkuliah di Polman Astra. Sekarang saya akan menceritakan sedikit pengalaman saya saat mendaftar di Polman Astra.

Setelah saya memantapkan niat saya untuk berkuliah di Polman, akhirnya saya mencoba mendaftar.

Bulan november saya mendaftar jalur beasiswa prestasi, saya melengkapi semua berkas yang diperlukan, mulai dari nilai rapor, dll...

Setelah itu, pada tanggal yang ditentukan, Bulan Januari saya mengikuti tes tertulis yang di adakan di Polman Astra.

Jujur, tes yang diadakan sangatlah sulit. Ada banyak soal yang harus dikerjakan dengan waktu yang terbatas. Saya sangat merasa tertekan sekali. Setiap saya mengerjakan soal (khususnya matematika) saya tidak bisa dengan tenang menjawab soal, karena saya merasa dikerjar waktu. Tes yang harus dikerjakan berjumlah puluhan, dengan tingkat kesulitan yang tinggi, dan waktu yang diberikan sangat terbatas. Banyak materi yang tidak saya pelajari juga di sekolah, karena saya sekolah di SMK dan pelajaran matematika sangatlah berbeda dari yang dipelajari oleh siswa SMA. Saya tidak yakin bisa mendapatkan hasil yang memuaskan.

Bulan Februari, hasil tes tertulis keluar, dan Alhamdulillah nama saya muncul di hasil tes tersebut. Sungguh keajaiban yang sangat luar biasa, saya sangat bersyukur.

Wawancara diadakan pada akhir Bulan Februari. Saya segera melengkapi berkas-berkas yang dibutukan. Saya juga mencoba melatih diri saya agar bisa menjawab pertanyaan dengan baik pada saat wawancara.

Hari wawancara tiba, saya bersiap untuk di wawancara. Saat nama saya dipanggil, ada sedikit perasaan gugup, jantung saya berdebar dengan cepat, namun saya berusaha untuk tetap tenang.
Saat memasuki ruangan wawancara, saya diwawancarai oleh dosen dan kepala prodi Polman Astra. Saya diberi berbagai pertanyaan, mulai dari hidup saya, kebiasaan saya, dan lain-lain. Alhamdulillah saya bisa menjawab semua pernyataan dengan lancar, meski saya sempat gemetaran karena suhu pendingin ruangan yang sangatlah kecil xD.

Bulan Maret, hasil wawancara keluar, dan nama saya muncul di hasil tes tersebut. Namun, nama saya tertulis sebagai peserta cadangan beasiswa. Saya bertanya-tanya mengapa nama saya bisa masuk kedalam cadangan beasiswa. Mungkin karena nilai tes tertulis saya lebih rendah dibanding dengan calon peserta beasiswa yang lain. Saya sempat takut tidak bisa mendapatkan beasiswa. Peserta yang lolos dalam tes wawancara dan menjadi calon beasiswa diminta melakukan tes fisik pada tanggal yang sudah ditentukan. Sementara untuk cadangan beasiswa akan menunggu panggilan langsung berupa telpon/e-mail dari polman. Saya sempat tidak yakin akan dipanggil, namun saya terus berdo'a kepada Allah swt. agar bisa mendapatkan beasiswa polman.

Hasil tes fisik/kesehatan telah keluar, dan calon-calon beasiswa sudah bisa melakukan registrasi/daftar ulang. Disini saya sudah yakin tidak akan mendapatkan beasiswa. Saya sempat putus asa, namun saya diberitahu oleh saudara saya, bahwa saya masih memiliki harapan, yaitu mendaftar jalur bidikmisi.

Akhirnya saya segera mendaftarkan diri ke ristekdikti sebagai pemohon beasiswa bidikmisi Polman Astra, banyak berkas yang harus saya lengkapi dalam waktu yang cukup singkat. Saya menaruh harapan yang sangat besar, saya ingin sekali bisa diterima sebagai calon penerima beasiswa. Dan Alhamdulillah, saya mendapatkan panggilan tes kesehatan. Saya sangat bersyukur sekali. Saya melakukan tes kesehatan pada tanggal yang ditentukan. Dan beberapa hari kemudian, saya mendapatkan e-mail bahwa saya lolos sebagai calon mahasiswa baru. Saya segera melakukan daftar ulang di website dan melengkapi berkas-berkas yang diperlukan. Dan akhirnya saya diterima menjadi calon mahasiswa baru di Politeknik Manufaktur Astra.


Itulah sedikit pengalaman saya saat mendaftar di Politeknik Manufaktur Astra, untuk kalian yang juga ingin berkuliah disini, pendaftaran calon mahasiswa baru biasanya dibuka bulan oktober/november, kalian bisa lihat jadwalnya di website PMB Polman Astra disini.

Sekian dari saya, kurang lebihnya mohon maaf.

Wassalamu'alaikum wr wb.

Comments

Popular posts from this blog

Impian TS

Kesan-kesan dalam perjalanan ke Politeknik Manufaktur Astra

Alasan memilih kuliah di Politeknik Manufaktur Astra